mEry’S bLo9

Informasi Pendidikan Khusus (Pendidikan Luar Biasa)

Posted on: 18 Maret 2009

Mengenal Pendidikan Inklusif. Naskah berisi konsep Pendidikan Inklusif, landasan filosofis, yuridis, pedagogis, empiris, pro-kontra terhadap Pendidikan Inklusif, dan implikasinya dalam proses belajar-mengajar

Pendidikan Bagi Anak Tunanetra. Naskah berisi pengertian tunanetra, karakteristik, klasifikasi, penyelenggaraan pendidikan, sarana-prasarana pendidikan, kurikulum, manajemen pendidikan, dan daftar sekolah luar biasa bagian A (tunanetra)

Pendidikan Bagi Anak Tunarungu. Naskah berisi definisi tunarungu, karakteristik, klasifikasi, pengukuran, penyelenggaraan pendidikan, sarana-prasarana pendidikan, kurikulum, manajemen pendidikan.

Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Naskah berisi miskonsepsi tentang tunagrahita, batasan/definisi, implikasi pendidikan, model pelayanan pendidikan, dan sekolah-sekolah bagi anak tunagrahita di seluruh Indonesia.

Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa. Naskah berisi pengertian tunadaksa, klasifikasi, penyebab, karakteristik, implikasi pendidikan, model layanan pendidikan.

Pendidikan Bagi Anak Tunalaras. Naskah berisi pengertian tunagrahita, dasar hukum penyelenggaraan pendidikan, klasifikasi, penyebab, karakteristik, implikasi pendidikan, model layanan pendidikan.

Pendidikan Bagi Anak Tunaganda. Naskah berisi pengertian tunaganda, klasifikasi, penyebab, karakteristik, implikasi pendidikan.

Pendidikan Bagi Anak Autis. Naskah berisi peristilahan, tanda-tanda, penyebab, jenis-jenis terapi, pendekatan pembelajaran, model layanan pendidikan, daftar klinik dan sekolah bagi anak autis.

Program Percepatan Belajar bagi Siswa Berbakat Akademik. Naskah berisi pengertian, dasar hukum, tujuan program, bentuk penyelenggaraan pendidikan, persyaratan mengikuti program.

Jaringan Guru Pembimbing Khusus.

Naskah terkait Pendidikan Inklusif

Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Naskah berisi pengertian anak berkebutuhan khusus, karakteristik mereka, cara penilaian dengan alat identifikasi, tujuan identifikasi, penatalaksaan identifikasi.

Instrumen Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Instrumen sederhana untuk mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus. Untuk menggunakan alat ini terlebih dahulu harus dipahami cara mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus, pada dokumen di atas (Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus).

Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas Inklusf. Naskah perencanaan kegiatan belajar-mengajar, prinsip-prinsip dalam mengajar, dan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.

Manajemen Sekolah Dalam Pendidikan Inklusif. Naskah berisi konsepsi manajemen sekolah, pelaksanaan manajemen sekolah, alternatif struktur organisasi sekolah, pembagian tugas.

Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Inklusif. aan Masyarakat dalam Pendidikan Inklusif. Berisi arah perubahan paradigma pendidikan, partisipasi masyarakat dan pendayagunaannya, bentuk partisipasi masyarakat, menstimulasi partisipasi masyarakat, dan wadah partisipasi masyarakat.

Naskah berisi penjelasan mengenai kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus, tahap perkembangan anak berkebutuhan khusus, pengembangan kurikulum.

Pembinaan Sarana Prasarana dalam Pendidikan Inklusif. Naskah berisi pengadaan sarana prasarana, jenis-jenis sarana yang diperlukan, pengelolaan sarana prasarana.

Pembinaan Tenaga Pendidikan dalam Pendidikan Inklusif. Berisi pengertian, tugas dan kedudukan tenaga pendidikan, kompetensi guru dan pembinaannya

Meningkatkan Upaya Menuju Pendidikan Inklusi di Jakarta: 2003-2006. Pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung sangat penting dalam upaya mencapai kesejahteraan sosial. Meskipun di Indionesia pendidikan merupakan suatu kewajiban bagi semua anak berusia 7 s.d 15 tahun, tanpa kecuali, namun anak-anak yang kurang beruntung dan yang memiliki kebutuhan khusus secara tidak resmi mendapat pengecualian.

Pemberdayan Masyarakat Dalam Pendidikan Inklusif

Naskah Pendidikan Jasmani Adaptif

Falsafah Pendidikan Jasmani. Naskah berisi kedudukan dan makna pendidikan jasmani; hubungan pendidikan jasmani dengan bermain dan olahraga; pentingnya gerak dan pendidikan jasmani; konsepsi dan falsafah; landasan pendidikan jasmani (biologis, psikologis, sosiologis).

Pembelajaran Adaptif. Naskah berisi hakekat pembelajaran adapatif, hakekat anak berkebutuhan khusus, pengelompokkan anak berkebutuhan khusus, isu aktual dalam pendidikan luar biasa (pendidikan khusus), isu aktual dalam pendidikan luar biasa. anak luar biasa (berkebutuhan pendidikan khusus) dan pendidikannya.

Pembelajaran Akutik. Naskah berisi hakekat dan perkembangan renang, gaya-gaya renang, dan segala hal terkait dengan renang bagi siswa berkebutuhan khusus (siswa luar biasa).

Pembelajaran Atletik Naskah berisi makna, pengertian, sejarah, dan nilai atletik; nilai dan ruang lingkup atletk bagi siswa berkebutuhan khusus; karakteristik dan struktur gerak; nomor-nomor atletik (jalan, lari, lompat, lempar).

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Yugo: Wuihhh...wuihh.....Berat berat Boooo..artikelnyaaaaa... artikel nya Btw nulis ndiri nehh ???? wah kayanya saya agak sedikit merinding nehh dengernya
  • wulan: menarik pembahasan tentang anak usia dini, tapi sebagai pengajar di PAUD sering dituntut oleh orang tua atau wali murid. Mereka ingin anak mereka bisa
  • edi kurniawan: komandan,. aku pengen bimbingan ya dan...............
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: