mEry’S bLo9

Jangan untuk Pendidikan Dasar dan Menengah

Posted on: 19 Maret 2009

Kalaupun pemerintah tetap menginginkan penerapan bentuk Badan Hukum Pendidikan atau BHP bagi lembaga pendidikan, sebaiknya itu tidak diberlakukan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat sejumlah petinggi perguruan tinggi negeri dan swasta dengan anggota Panitia Ad Hoc III Dewan Perwakilan Daerah (PAH III DPD) di Jakarta, Senin (4/12).

Mantan Menteri Pendidikan Nasional Yahya Muhaimin—yang saat itu hadir mewakili Perguruan Muhammadiyah—menyatakan, sangat berat bagi lembaga pendidikan swasta seperti Muhammadiyah jika masing-masing satuan pendidikannya harus mempunyai badan hukum pendidikan. “Saat ini, di luar taman kanak-kanak saja Muhammadiyah memiliki 4.425 sekolah atau satuan pendidikan. Sulit kalau harus membuat badan hukum sebanyak itu,” ujarnya.

Esensi dari BHP, menurut dia, bukanlah privatisasi. Sebagai lembaga swasta, diakuinya tidak mungkin mengelola institusi pendidikan tanpa keuntungan ataupun merugi. Yang terpenting, keuntungan itu harus dikembalikan untuk kepentingan pengembangan pendidikan, sehingga harus ada pasal dalam RUU BHP yang mencegah agar pendidikan tidak benar-benar komersial. “Bagaimanapun, pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan swasta punya visi dan misi sosial,” ujarnya.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Sofian Effendi—yang juga Ketua Forum Rektor Indonesia—menambahkan, masyarakat akan sulit menerima kalau sekolah dasar dan menengah diwajibkan mempunyai BHP. Terutama level pendidikan yang terkait wajib belajar. (INE)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Yugo: Wuihhh...wuihh.....Berat berat Boooo..artikelnyaaaaa... artikel nya Btw nulis ndiri nehh ???? wah kayanya saya agak sedikit merinding nehh dengernya
  • wulan: menarik pembahasan tentang anak usia dini, tapi sebagai pengajar di PAUD sering dituntut oleh orang tua atau wali murid. Mereka ingin anak mereka bisa
  • edi kurniawan: komandan,. aku pengen bimbingan ya dan...............
%d blogger menyukai ini: