mEry’S bLo9

Mendiknas: Pendidikan Dasar Gratis Mulai 2009

Posted on: 17 April 2009

Menteri Pendidikan, Bambang Sudibyo menjanjikan pendidikan dasar wajib di Indonesia tidak dipungut biaya, alias gratis, mulai  tahun 2009.

”Semua sekolah, baik dibawah naungan dinas pendidikan maupun Departemen Agama tidak dipungut biaya,” katanya usai Gelar Prestasi dan Bela Negara Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Indonesia di Sasana Budaya Ganesha, ITB, Bandung, Senin 27 Oktober 2008.

Bambang mengatakan dalam Anggaran 2009, pos bantuan operasional sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (MI), dipastikan naik secara signifikan. Meski palu belum diketuk, katanya, Dewan sudah sepakat dengan pemerintah

”Saya telah mengusulkan kenaikannya sekitar 50 persen dari tahun sebelumnya,” katanya.

Bambang juga menjanjikan  pada tahun 2009 kesejahteraan guru di Indonesia meningkat, ”Minimal golongan terendah gajinya Rp 2 juta,” katanya.

Janji pendidikan gratis pernah diucapkan Bambang pada awal kepemimpinannya di Departemen Pendidikan Nasional. Pada 22 Oktober 2004, Bambang mengungkapkan tiga komitmennya yakni pendidikan gratis, akses ke pendidikan tinggi, dan kesejahteraan guru.

Namun, pada peringatan Hati Pendidikan Nasional tahun 2008, Bambang mengungkapkan pendidikan gratis tidak mungkin diwujudkan dalam waktu dekat karena prosentase 20 persen anggaran pendidikan belum bisa terwujud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Yugo: Wuihhh...wuihh.....Berat berat Boooo..artikelnyaaaaa... artikel nya Btw nulis ndiri nehh ???? wah kayanya saya agak sedikit merinding nehh dengernya
  • wulan: menarik pembahasan tentang anak usia dini, tapi sebagai pengajar di PAUD sering dituntut oleh orang tua atau wali murid. Mereka ingin anak mereka bisa
  • edi kurniawan: komandan,. aku pengen bimbingan ya dan...............
%d blogger menyukai ini: