mEry’S bLo9

Depdiknas: Hanya TNI dan Polri Perlu Perguruan Tinggi Kedinasan

Posted on: 21 April 2009

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional, Satrio Sumantri Brojonegoro, mengatakan hanya TNI dan Polri yang saat ini masih membutuhkan perguruan tinggi kedinasan.

“Semua bidang ilmu sudah ada di perguruan tinggi umum kecuali yang dikelola TNI dan Polri,” katanya di sela-sela seminar tentang menata kembali sistem pendidikan Polri di kampus Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa), Jakarta Selatan, Kamis.

Dikatakannya, maraknya perguruan tinggi kedinasan saat ini sebenarnya tidak sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Menurut dia, sesuai dengan undang-undang, pendidikan kedinasan seharusnya mendidik seseorang untuk profesi tertentu dan bukan mendidik menjadi sarjana.

Ia memberikan contoh soal IPDN. Harusnya, IPDN menerima lulusan S1 untuk dididik menjadi pamong praja selama satu tahun dan bukan menerima lulusan SMA yang diberi pendidikan setara dengan sarjana.

Pada seminar itu, anggota Komisi III (bidang Hukum) DPR RI Wila Chandrawila Supriadi yang juga menjadi pembicara mempertanyakan eksistensi Akademi Kepolisian (Akpol) yang kini mulai menerima lulusan sarjana S1 dan S2 sebagai taruna Akpol.

Akpol sebagai pendidikan kedinasan seharusnya menerima lulusan dari satu bidang studi saja dan bukannya menerima hampir semua jurusan bidang studi, katanya.

“Hasil pendidikan profesi Polri semacam ini patut dipertanyakan kualitasnya karena landasan ilmu yang ditempuh saat menjadi sarjana S1 berbeda-beda,” katanya.

Untuk itu, ia menilai, Akpol perlu berubah baik secara lembaga maupun kurikulumnya.

Perubahan lembaga dan kurikulum Akpol itu harus dilakukan oleh para pakar pendidikan kepolisian.

“Kendati begitu, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tetap harus menjadi dasar bagi perubahan pendidikan kepolisian agar masyarakat dan negara dapat melihat polisi yang memenuhi syarat profesionalitas,” katanya.(*)

1 Response to "Depdiknas: Hanya TNI dan Polri Perlu Perguruan Tinggi Kedinasan"

komandan,.

aku pengen bimbingan ya dan……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Yugo: Wuihhh...wuihh.....Berat berat Boooo..artikelnyaaaaa... artikel nya Btw nulis ndiri nehh ???? wah kayanya saya agak sedikit merinding nehh dengernya
  • wulan: menarik pembahasan tentang anak usia dini, tapi sebagai pengajar di PAUD sering dituntut oleh orang tua atau wali murid. Mereka ingin anak mereka bisa
  • edi kurniawan: komandan,. aku pengen bimbingan ya dan...............
%d blogger menyukai ini: